Pilkada 19 Daerah di Jatim Gunakan APBD Sendiri

SURABAYA – Tahun 2020 mendatang diadakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara serentak di 19 Kabupaten kota se Jawa Timur. Pelaksanaannya akan bersamaan pada bulan September 2020. Penentuan tanggal dan harinya adalah wewenang Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Kemudian anggaran pelaksanaannya akan ditanggung oleh APBD Kabupaten/Kota Penyelenggara Pilkada. Hal tersebut disampaikan Kepala Biro Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Jatim Indah Wahyuni. Ia menambahkan anggaran hibahnya didanai kabupaten/kota masing-masing.

“Artinya per 1 Oktober 2019 Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) sudah harus jalan. Jadi setelah ditandatangani 14 hari kemudian anggaran tersebut sudah harus cair,” jelasnya, Selasa (10/9/2019).

Wanita yang akrab disapa Yuyun ini mengatakan dana yang digunakan untuk pilkada ini dari Perubahan APBD dan APBD tahun depan. Menurutnya semua anggaran murni diambilkan dari APBD kabupaten/kota.

“Untuk anggaran yang dari PAPBD itu biasanya meliputi entry data seperti pendataan penduduk pendataan penduduk hingga penyusunan penyelenggara pemilu mulai tingkat kecamatan hingga Tempat Pemungutan Suara (TPS),” katanya.

“Baru setelah itu tahun depan anggarannya untuk pembelian logistik, sosialisasi, penyelenggaraan, pemaupun alat kelengkapan. Kami sudah melakukan rapat koordinasi terkait hal ini. Intinya kami menginstruksikan untuk dicairkan dulu kebutuhan yang ada pada tahun 2019, itu kalau sudah ada,’ imbuhnya.

Yuyun menegaskan tidak ada anggaran dari provinsi. Menurutnya Pemprov hanya hanya mendanai desk pilkada. “Karena kami memfasilitasi pemerintah pusat maupun kota agar penyelenggaraan pilkada lancar dan aman,” katanya.

Diketahui 19 Kabupaten/Kota yang akan menyelenggarakan Pilkada serentak adalah Kabupaten Pacitan, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Kediri, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Tuban, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Malang, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Jember, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Blitar, Kota Blitar dan Kota Surabaya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here