Banyuwangi Borong Penghargaan

SURABAYA – Kabupaten Banyuwangi memborong juara lomba Video Kreatif Usaha Ekonomi Perdesaan 2019 yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Pemprov Jawa Timur.

Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro memboyong pemenang di 2 kategori sekaligus, yakni pemenang dari aspek teknis dan non teknis, serta pemenang dari aspek terbanyak jumlah penonton (viewer) dan terbanyak mendapatkan tanda jempol (like) dari masyarakat.

Dari aspek teknis dan non teknis, Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi meraih juara pertama, juara kedua diraih oleh Desa Dadapan Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, dan juara ketiga diraih oleh Desa Mendak Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun.

Sementara aspek terbanyak jumlah penonton (viewer) dan terbanyak mendapatkan tanda jempol (like) dari masyarakat, Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi kembali meraih juara pertama. Adapun juara kedua di aspek ini diraih oleh Desa Ngingas, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo.

Pemenang Lomba Video Kreatif Usaha Ekonomi Perdesaan 2019 diumumkan pada Jumat (16/8/2019) sore dalam acara pengumuman pemenang lomba dan ramah tamah di Hotel Swiss Bell In Surabaya.

Dalam acara tersebut juga diumumkan pemenang untuk lomba desa dan kelurahan, lomba Kader Pemberdayaan Masyarakat (KPM) Berprestasi, dan Lomba Pengelolaan Pasar Desa.

Untuk pemenang lomba desa, juara pertama diraih oleh Desa Kepel Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, juara kedua Desa Kendalrejo Kecamatan Talun Kabupaten Blitar, juara ketiga Desa Penggung Kecamatan Nawangan, Kabupaten Pacitan, dan juara keempat diraih Desa Pujon Kidul Kecamatan Pujon Kabupaten Malang.

Pemenang lomba kelurahan juara pertama diraih Kelurahan Tulusrejo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang, Kedua Kelurahan Patihan Kecamatan Manguharjo Kota Madiun, Ketiga Kelurahan Pagesangan Kecamatan Jambangan Kota Surabaya, dan pemenang keempat diraih oleh Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri.

Untuk pemenang lomba Kader Pemberdayaan Masyarakat (KPM) Berprestasi, juara pertama diraih oleh Mukarom Salasa dari Desa Kemingede, Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar, juara kedua Melik Masfiatin dari Kelurahan Pagesangan, Kecamatan Jambangan Kota Surabaya, juara ketiga Sri Asih dari Desa Temuireng Kecamatan Dawarblandong Kabupaten Mojokerto, dan juara harapan diraih oleh Novita Sari dari Desa Sumbermulyo Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang.

Adapun untuk lomba Pengelola Pasar Desa, juara pertama diraih Pasar Baru Desa Kranji Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan, kedua Pasar Desa Tasikmadu Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek, ketiga Pasar Baru Desa Serag Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo.

Kepala Dinas Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Pemprov Jawa Timur, Ir Mochammad Yasin MSi mengucapkan selamat kepada para pemenang dalam kesempatan tersebut. “Besok para pemenang akan menerima penghargaan dari Ibu Gubernur Jatim usai upacara peringatan Hari Kemerdekaan Di Gedung Negara Grahadi,” katanya Jumat (16/8/2019).

Baginya, para pemenang lomba juga disebut pahlawan masa kini. Yasin menyebut ada 3 kategori pahlawan masa kini. Pertama, mereka yang rela berjuang membangun dan mengelola potensi lingkungan sekitar yang dimiliki.

“Kedua pahlawan masa kini adalah orang yang bekerja melebihi tugas yang diberikan. Orang-orang ini bekerja bukan hanya 24 jam, tapi mungkin sampai 25 jam dalam sehari,” tuturnya.

Kategori ketiga menurut Yasin, pahlawan masa kini adalah mereka yang mewakafkan tenaga dan fikirannya untuk bangsa sesuai kapasitas atau makom yang dimiliki. “Panjenengan semua adalah pahlawan masa kini,” Ucap Yasin kepada para pemenang lomba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here