Lereng Semeru jadi Sasaran Bapenda Jatim Wujudkan Nawa Bhakti Satya

LUMAJANG – Dalam rangka melaksanakan program Gubernur Jawa Timur yang dituangkan dalam Nawa Bhakti Satya, Bapenda Jatim melaksanakan bakti sosial penanaman 1000 pohon cemara gunung di Ranu Pane, Lumajang.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Timur Boedi Prijo Soeprajitno secara simbolis mewakili Gubernur Jawa Timur melaksanakan penanaman pohon cemara gunung di sekitar danau desa Ranu Pane, Lumajang.

Boedi Prijo Soeprajitno menyampaikan, kegiatan ini berawal dari ide  Gubernur Jawa Timur saat pencanangan hari Lingkungan Hidup di Probolinggo beberapa waktu yang lalu, selain itu juga karena kepedulian Bapenda Jatim atas kondisi lingkungan  hidup saat ini.

“Kita melihat bencana alam, ada hutan yang terbakar, sehingga membuat ibu Gubernur prihatin, sehingga penanaman pohon menjadi satu keharusan sebagai satu langkah reboisasi”. Jelas Boedi Jumat (2/8/2019).  Aparatur Sipil Negara (ASN) Bapenda Jatim hadir untuk mendukung kebijakan Gubernur itu.

Kegiatan penanaman pohon cemara gunung ini mendapat sambutan baik dari masyarakat sekitar desa Ranu Pane. Sosion Kayo, Kepala Resort Ranu Pane Taman Nasional Bromo Tengger Semeru menyampaikan kegiatan yang dilakukan Bapenda Jatim ini tidak saja sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar, namun juga bagi seluruh wisatawan/pengunjung di Semeru.

“Pohon cemara gunung ini merupakan tanaman endemik, yang sangat dibutuhkan untuk penyerapan air dan menahan tanah agar tidak longsor, karena dalam satu tahun terakhir, banyak sekali pepohonan yang roboh”, kata Sosion Kayo.

Pohon cemara gunung yang ditanam setinggi satu meter ini, dalam waktu 5 tahun akan segera membesar sehingga bisa menahan tanah longsor dan mendukung penyerapan air di sekitar ranu Pane.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh perwakilan UPT Pengelolaan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Timur.

Selain melaksanakan penanaman pohon, Bapenda Jatim juga melakukan pemberian bantuan bagi masyarakat desa Ranu Pane. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here