Ulama Pengusung 01 dan 02 Sampang Sesalkan Tragedi Sampang

SURABAYA—Ulama sepuh Sampang pendukung pasangan calon presiden 01 dan 02 melakukan pertemuan menyikapi dinamika politik pasca pembakaran Polsek Tambelangan Sampang. Pertemuan terbatas para Kiai Sepuh ini digelar di Rumah KH Jafar Yusuf Abd Wahid di Pesantren Darul Ulum, Gersempal, Omben, Sampang, Selasa 28 Mei 2019 malam.

Ketua PBNU Saifullah Yusuf (Gus Ipul) yang turut hadir dalam pertemuan ini mengatakan pertemuan seperti ini sebenarnya rutin dilakukan selama 10 tahun terakhir khususnya di saat bulan Ramadhan.

“Banyak hal yang dibahas. Khusus di Sampang ada pembakaran Polsek yang ini sesungguhnya hal yang tidak diinginkan. Para kiai menyesalkan pembakaran Mapolsek Tambelangan akibat provokasi pihak tertentu

Kejadian ini tidak boleh terulang dan para ulama mendukung penegakan hukum,” kata Gus Ipul pada wartawan, Rabu (29/5/2019) pagi.

Para kiai, kata Gus Ipul, memiliki tekad yang sama untuk menjaga silaturahmi dan ikut menenangkan umat agar tidak ada lagi jatuh korban pasca Pilpres 2019.

“Keprihatinan para kiai seperti ini akan disampaikan pada forum pertemuan-pertemuan ulama selanjutnya. Kiai-kiai tidak hanya berharap tapi yakin Pak Jokowi dan Pak Prabowo akan bertemu demi kepentingan bangsa,” ujar Gus Ipul.

Dalam pertemuan kali ini, para kiai juga bersepakat untuk melakukan usaha supaya ikut meredam massa di bawah.

Karenanya, pernyataan para tokoh hendaknya juga mempertimbangkan emosi massa. “Kiai-kiai minta semua pihak muhasabah menjadikan momentum instropeksi merenung untuk mengendapkan semua yang terjadi dan mendukung langkah-langkah hukum yang berjalan,” kata mantan wakil gubernur Jawa Timur dua periode ini.

Kalau-pun ada perbedaan pendapat pasca Pilpres, harusnya bisa ditempuh melalui proses hukum. “Saat ini Pak Prabowo sudah menempuh jalur hukum jadi para Kiai juga berharap umat bisa menghormati jalur hukum yang kini ditempuh di MK,” kata dia.

Sementara itu, para kiai sepuh yang bertemu kali ini diantaranya adalah KH Jafar Yusuf sebagai tuan rumah; kemudian Ketua PCNU Sampang KH Syafiudin Wahid; Pengasuh Pesantren al-Mubarok Lanbulan, Sampang KH Ahmad Ghozali; Pengasuh Pesantren Al-Ihsan Jrangoan, Sampang KH Mahrus Malik; Pengasuh Pesantren Darul Ulum II Al-Wahidiyah Gersempal, Omben, Sampang KH Subaidi Muhammad serta Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

Di sela-sela pertemuan, para kiai juga sempat menelepon KH. Muhaimin Abdul Bari Pengasuh Pesantren Darut Tauhid Injelan Sampang untuk mendapatkan masukkan.

Sementara itu, hasil pertemuan kali ini selanjutnya juga akan menjadi bekal dalam pertemuan khusus para Kiai Sepuh se Jawa Timur berikutnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here