Ini Jalur yang Perlu Diwaspadai saat Mudik

SURABAYA – Jalur-jalur mudik yang harus diwaspadai di Provinsi Jawa Timur umunya adalah di wilayah pegunungan dimana ada bahaya longsor dan penurunan tanah. Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Gatot S Hadi mengatakan di Jatim ada jalur mudik yang perlu diwaspadai.

“Yang pertama adalah jalur menuju Pacet di Kabupaten Mojokerto di mana meskipun jalan sudah mulus tapi masyarakat harus ekstra hati-hati jika melewati jalan itu,” kata Gatot di ruang kerjanya Selasa (28/5/2019).

Yang kedua menurut mantan Kepala Biro Administrasi Pembangunan Pemprov Jatim ini adalah jalan menuju Kabupaten Pacitan. “Di jalur tersebut memang ada ketidakstabilan tanah dan ini rawan kejadian seperti longsor, masyarakat juga harus waspada,” tegasnya lagi.

Kemudian, lanjut Gatot yang ketiga adalah jalur di Kejayan – Tosari dimana di KM 99 ada longsor. Selebihnya di seluruh Jatim untuk jalur mudik sudah bagus. “Kami juga mengerahkan seluruh UPT (Unit Pelaksana Teknis) untuk berjaga-jaga dan siap selama 24 jam jika ada apa-apa dengan jalur mudik ini,” tegas Gatot.

Khusus untuk menangani jalan berlubang menurut Gatot tidak hanya saat lebaran saja namun dilakukan secara regular terus menerus. “Jika terdapat lubang akan segera kita tangani, maksimal 1 x 24 jam lubang tersebut harus sudah tertutup,” pungkas Gatot. (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here