Giliran Bus Fatma Foundation Blusukan Menyapa Perempuan Warga Binaan Medaeng

SIDOARJO–Bus Fatma Foundation hari ini, Sabtu (13/4/2019) giliran berada di Rumah Tahanan (Rutan) khusus Perempuan Kelas IIa Surabaya di Medaeng, Sidoarjo.

Sama seperti di beberapa tempat sebelumnya, bus milik yayasan Citra Fatma Wanita ini akan melakukan sosialisasi serta pemeriksaan deteksi dini kanker serviks dan payudara terhadap wanita binaan Rutan.

Pemeriksaan sendiri dimulai pukul 13.30 WIB dan rencananya berakhir pada pukul 16.30 WIB dengan jumlah peserta mencapai 162 perempuan warga binaan.

Vanessa Anggel yang merupakan salah satu tahanan yang dititipkan di Rutan Medaeng juga tampak ikut mengikuti penyuluhan dan pemeriksaan gratis yang dilakukan Fatma Foundation kali ini.

Pendiri Yayasan Citra Fatma Wanita, Fatma Saifullah Yusuf mengatakan, penyuluhan dan pemeriksaan terhadap perempuan warga binaan kali ini merupakan bagian dari program yang terus dijalankan sejak Fatma Foundation dilaunching pada 4 Februari 2019 silam.

Bus Fatma Foundation sendiri telah berkeliling ke beberapa lokasi dengan melakukan penyuluhan kepada minimal 100 orang dan pemeriksaan papsmear dan payudara secara cuma-cuma khususnya bagi masyarakat yang kurang mampu dengan target 50 orang perlokasi.

“Penyakit kanker tidak mengenal tempat, baik itu di luar maupun di dalam Lapas, setiap wanita pasti berpotensi terserang kanker baik itu kanker payudara maupun serviks,” kata Fatma.

Karenanya, dengan penyuluhan dan pemeriksaan pap smear kali ini, para perempuan warga binaan di Rutan Medaeng, diharapkan bisa terdeteksi secara dini potensi terjangkit kanker.

Untuk proses pemeriksaan sendiri, Yayasan Citra Fatma Wanita telah menyiapkan Bus pemeriksaan yang dilengkapi dengan peralatan pemeriksaan pap smear dan payudara yang cukup lengkap dan modern. Kondisi di dalam bus juga sangat nyaman dan dilengkapi pendingin udara.

Bagi Fatma Foundation, pemeriksaan bagi perempuan warga binaan ini merupakan titik yang ke enam setelah sebelumnya Bus Fatma Foundation juga melakukan pemeriksaan gratis di perumahan The Gayungsari Regency, kemudian di Hotel Fatma Jombang, SD Al Hikmah Surabaya, YKP Pandugo I Surabaya, serta terakhir beberapa hari lalu pemeriksaan bagi perempuan nelayan di Gunung Anyar, Surabaya.

Fatma menjelaskan bahwa program Fatma Foundation selama ini bersifat promotif dan preventif sehingga lebih mengedepankan penyuluhan dan pencegahan dengan deteksi dini terhadap kanker serviks dan kanker payudara.

Dengan pemeriksaan dini, mereka yang terdeteksi gejala tumor atau kanker, diharapkan bisa segera ditangani dan diobati sehingga tidak menjadi kanker stadium lanjut.

“Fatma Foundation ini didirikan salah satunya demi mewujudkan mimpi kami yakni membantu perempuan di Indonesia khususnya di Jawa Timur untuk semakin sadar terhadap kesehatan dirinya,” kata istri mantan wakil gubernur Jawa Timur dua periode Saifullah Yusuf (Gus Ipul) ini.

Fatma mengatakan, seorang perempuan terutama ibu-ibu memiliki peranan yang sangat penting bagi keluarga. Ibulah yang melahirkan, merawat dan mendidik anak-anaknya dengan penuh kasih sayang.

“Maka untuk menjadi seorang ibu, kita harus tetap sehat, jika ibu sehat maka ia akan dapat mengurus keluarganya dengan baik dan pula terjamin kesehatannya.

Untuk itu, Fatma Foundation mengambil peranan penting untuk mengajak perempuan untuk menjadi sehat, dengan memeriksakan dirinya melalui pemeriksaan pap-smear dan payudara,” ujarnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here