PINBAS-MUI Kerjasama dengan Perhutani Tanam Bawang Putih di Jatim

SURABAYA – Hari ini Jumat (21/12/2018) telah ditandatangani Perjanjian Kerjasama (MoU) antara Perum Perhutani Jawa Timur dengan Pusat Inkubasi Bisnis Syariah – Majelis Ulama Indonesia (PINBAS-MUI) Jatim dan investor.

Kerjasama ini untuk bersama-sama mengelola lahan Perhutani untuk tanaman bawang putih yang melibatkan masyarakat kawasan hutan atau Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH). “PINBAS-MUI Jatim bekerjasama pihak investor akan menanam bawang putih di lahan milik perhutani yang ada di Jawa Timur,” jelas Wahid Wahyudi Ketua PINBAS-MUI Jatim di kantor Perhutani Jumat (21/12/2018).

Menurut Wahid di Jawa Timur masih ada sekitar 280.000 hektar lahan milik Perhutani yang siap untuk dikelola. “Sebagai awalnya kita pilih Kabupaten Bondowoso untuk menanam bawang putih ini,” kata Wahid yang juga masih menjabat Asisten II bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Jatim ini.

Kenapa Bondowoso yang dipilih, menurut Wahid salah satu syarat menanam bawang putih adalah lahan harus terletak di ketinggian 600 meter di atas permukaan laut. “Di Kabupaten Bondowoso ada lahan 200 hektar yang siap ditanami bawang putih. Kita percayakan kepada LMDH untuk menanam bawang putih dengan bantuan pihak investor yakni 500 kilogram bibit bawang putih dan uang Rp.15 juta untuk tiap LMDH,” jelas Wahid.

Menurut Wahid seluruh biaya tersebut sudah ditanggung oleh pihak investor untuk membantu masyarakat terutama masyarakat sekitar desa hutan dalam menanam bawang putih.” Nantinya jika sudah panen dan dijual tentunya LMDH akan dapat bagian dari keuntungan penjualan bawang putih ini,” jelas mantan Kepala Dishub Jatim ini.

Kedepan menurut Wahid tidak hanya kerjasama dengan pihak Perhutani saja tapi juga dengan pihak lain dalam perjanjian kerjasama. “Ke depan kita akan bekerja sama dengan pihak PTPN wilayah Madiun untuk menanam Tebu. Intinya kita akan bekerjasama seluas-luasnya dengan pihak investor untuk memajukan perkeonomian masyarakat Jawa Timur,” pungkas Wahid. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here