Gus Ipul Pastikan Pengungsi Palu di Jatim Peroleh Fasilitas Lengkap

SURABAYA – Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) memastikan seluruh pengungsi yang eksodus dari Sulawesi Tengah ke Jawa Timur akan diantarkan ke rumah atau saudaranya masing-masing di Jawa Timur.

“Semua sudah dikoordinasikan oleh Tim Terpadu Pemerintah Provinsi yang terdiri dari BPBD, Dinsos, Dinkes dan PMI,” kata Gus Ipul ketika ditemui di Surabaya, Sabtu (6/10/2018).

Menurut Gus Ipul, setelah para pengungsi tiba di bandara, maka BPBD telah menyiapkan angkutan untuk mengantar para pengungsi dari bandara ke penginapan sementara, atau ke bandara serta ke rumah masing-masing

“Biaya Tiket kendaraan seluruhnya ditanggung Pemprov Jatim melalui BPBD,” kata Gus Ipul.

Sebelum diantar pulang, para pengungsi didata terlebih dulu oleh Dinas Sosial serta diberikan pemenuhan kebutuhan dasar pengungsi dengan membuka Dapur Umum.

Kesehatan para pengungsi juga dilakukan pengecekan oleh petugas dari PMI Jawa Timur. Setelah diantar pulang Pemprov juga telah berkoordinasi dengan kabupaten/kota agar ikut membantu pemenuhan kebutuhan dasar bagi para pengungsi ini.

Dari data yang ada, kata Gus Ipul, total Pengungsi yang masuk melalui Jawa Timur hingga saat ini berjumlah 996 orang, dengan Rincian Masyarakat Jawa Timur 793 orang; Jawa Tengah 121 orang; DKI dan Jawa Barat 24 orang; Medan 51 orang; Lampung 6 orang dan Bali 1 orang.

Para pengungsi dari Palu dan Donggala Sulawesi Tengah ini terbagi dalam empat gelombang kedatangan yakni pada Rabu 3 Oktober 2018 Pukul 20.50 WIB telah tiba 175 orang pengungsi.

Kemudian pada Kamis 4 oktober 2018 Pukul 06.15 bertempat di Bandara Internasional Juanda telah landing pesawat Hercules C 130 A-1316 milik TNI AU dengan membawa 165 orang. Pada hari yang sama pukul 13.56 WIB, juga datang Herculles C130 dengan membawa 180 orang pengungsi.

Kemudian pada Jumat 5 Oktober 2018, bertempat di bandara Abdurahman Saleh, 3 Kloter pesawat Hercules juga datang dengan membawa 481 orang pengungsi. “Untuk pengungsi dari luar Jatim kita beri fasilitas penginapan sementara di Asrama Transito Disnaker,” kata Gus Ipul.

Warga yang sempat menginap di transito Disnaker yakni 37 orang warga asal Jawa Tengah dan Jawa Barat, pagi ini diberangkatkan ke daerahnya masing-masing-masing. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here