FK3JT Pindah Dukungan, Tak Akan Berpengaruh Pada Suara Gus Ipul – Mbak Puti

SURABAYA – Pengalihan dukungan Forum Komunikasi Kiai Kampung Jawa Timur (FK3JT) ke cagub lain dinilai pengamat tidak akan terlalu berpengaruh terhadap Gus Ipul – Mbak Puti. Pengalihan dukungan ini disebabkan oleh Puisi Ibu Indonesia oleh Sukmawati Soekarno Putri yang dianggap oleh FK3JT sebagi sebuah bentuk penghinaan terhadap umat Islam.

Padahal menurut pengamat politik asal Universitas Airlangga Novri Susan, puisi Sukmawati adalah merupakan refleksi pribadinya. “Dia tidak merupakan representasi atau perwakilan dari entitas politik kolektif dari Gus Ipul  dan Mbak Puti,” kata Novri Jumat (6/4/2018).

Namun pihak tim pemenangan Gus Ipul dan Mbak Puti sebaiknya mampu memberi kejelasan sikap bahwa puisi ersebut tidak merupakan bagian dari prisip politiknya.

Novri kembali menjelaskan bahwa jika Kiai Kampung sebagian mengalihkan dukungan dari Gus Ipul dan Mbak Puti itu dianggap sebagai keputusan yang prematur. “Sebab apa yang menjadikan puisi Sukmawati bukan merupakan pandangan Gus Ipul dan Mbak Puti. Namun demikian tidak ada salahnya bagi Gus Ipul untuk bersilaturahmi ke kalangan Kiai Kampung tersebut,” pungkasnya. (rha)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here