Kecewa Khofifah, Alumni PMII Dukung Gus Ipul-Puti

SURABAYA – Kecewa dengan Khofifah Indar Parawansa yang tidak menuntaskan masa jabatannya sebagai Menteri Sosial RI hingga 2019, alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ramai-ramai mendukung pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Puti Guntur Soekarno di Pilkada Jatim 2018.

Para alumni PMII tersebut, bergabung dalam Jaringan Alumni Muda PMII (JAMPI) Jatim. “Mengapa kami memilih Gus Ipul dan Mbak Puti? Ada beberapa alasan tentunya,” kata Ketua JAMPI Jatim, Abdul Hamid di sela deklarasi dukungan kepada Gus Ipul-Puti di Hotel Suite, Surabaya, Sabtu (24/3/2018).

Salah satu alasan itu, keinginan PMII yang tidak terpenuhi. Pada awalnya, diakui, para anggota maupun alumni PMII ingin Khofifah memimpin di level nasional, tak hanya di level provinsi saja. Mereka ingin Ibu Khofifah menuntaskan masa jabatannya sebaga Menteri Sosial RI hingga 2019 mendatang.

“Sebab, ini bagian dari distribusi kader yang juga tujuan dari PMI. Kalau pendistribusian kader ini tidak dilanjutkan dengan sempurna, mengapa mengawali yang lain?,” ungkapnya.

Pihaknya tak memungkiri bahwa ada beberapa pihak yang mengkritisi pergerakan lembaga yang dipimpinnya tersebut. Apalagi, PMII merupakan organisasi mahasiswa Islam yang pernah dipimpin oleh Khofifah Indar Parawansa, calon gubernur yang juga rival Gus Ipul di pemilihan gubernur mendatang. Khofifah sendiri pernah menjadi Ketua PMII Cabang Kota Surabaya.

Sedangkan pilihan dukungan ke Gus Ipul, lanjutnya, karena Jampi Jatim menilai Gus Ipul memiliki integritas. “Sudah hampir selama 10 tahun memimpin Jatim bersama Gubernur Jatim Soekarwo, beliau tidak pernah satu pun terlibat kasus korupsi atau pun kasus lain. Bukti nyata beliau memiliki integritas,” ujarnya.

Kemudian, Gus Ipul juga dinilai memiliki pengalaman memimpin Jawa Timur dibandingkan calon lain. Prestasi Pakde selama memimpin Jawa Timur, tidak lepas dari bantuan Gus Ipul. “Dengan setia Gus Ipul mau menanti selama 10 tahun dan berkaloborasi memimpin provinsi ini,” tandasnya.

Untuk memenangkan pasangan Gus Ipul dan Mbak Puti, JAMPI Jatim menyiapkan gerakan “Satu Orang, Satu TPS (Tempat Pemungutan Suara). “Ada sekitar 19 ribu kader PMII yang akan dilibatkan dalam gerakan ini,” tegasnya.

Menanggapi dukungan ini, Gus Ipul yang pada deklarasi tersebut ikut hadir memberikan apresiasi tinggi. Dukungan ini menambah kekuatan, sekaligus melengkapi barisan pendukungnya. Selain itu, juga menjadi bukti bahwa pihaknya ingin merangkul semua elemen dalam satu barisan pemenangan.

“Kuncinya cuma dua. Kabeh Sedulur, Kabeh Makmur. Kita mungkin tidak sama, tapi kita bisa sama-sama. Tujuannya satu, makmur satu, makmur semua,” pungkas mantan Ketua Unum GP Ansor dua periode ini.

Selain Gus Ipul, acara ini juga dihadiri oleh beberapa fungsionaris partai politik pengusung pasangan Gus Ipul dan Mbak Puti. Di antaranya, Fauzan Fuadi (Wakil Sekretaris DPW PKB Jatim), Bambang DH (Ketua Bidang Pemenengan Pemilu DPP PDI Perjuangan) dan Anwar Sadad (Sekretaris DPD Gerindra Jatim).(mkd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here